Kearsipan Banten Raih Predikat Sangat Baik

img

SERANG – Pemprov Banten meraih penghargaan bidang kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia. Pemprov meraih peringkat V dengan predikat sangat baik untuk kategori pemerintah daerah.
Penghargaan diserahkan Menpan RB, Cahyo Kumolo didampingi Kepala ANRI dan Gubernur Jawa Tengah, di The Sunan Hotel, Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/2/2020). Hadir dalam pemberian penghargaan itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten, Ajak Muslim dan Kepala Bidang Pengelolaan Arsip pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Deni Andriani.
Kegiatan pemberian penghargaan juga dihadiri lebih 500 peserta dari unsur kementerian/lembaga, pemerintah provinsi dan kabupaten kota seluruh Indonesia.
“Provinsi Banten meraih predikat sangat baik untuk kategori pemerintah daerah. Penghargaan itu diberikan setelah pihak ANRI melakukan pengawasan dan audit kearsipan pada tahun 2019,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Arsip, Deni Andriani, Kamis (27/2/2020).
Adapun beberapa aspek yang menjadi penilaian ANRI, kata Deni Andriani, meliputi pedoman tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip, pedoman pengelolaan arsip in aktif, pedoman penyusutan arsip, pedoman pengelolaan arsip vital dan lain-lain.
Selain itu, aspek pembinaan kearsipan, aspek pengelolaan arsip in aktif, aspek pengelolaan arsip statis, aspek sumber daya kearsipan meliputi SDM kearsipan,organisasi kearsipan, sarana dan prasarana serta dan pendanaan
Sebelumnya, tepatnya awal tahun 2019, Provinsi Banten juga pernah menerima penghargaan, yaitu juara satu lembaga kearsipan daerah terbaik.

TAGS :
Provinsi Banten arsip kearsipan predikat penilaian sangat baik gubernur WH Wahidin Halim Andhika Wakil Gubernur wagub