WH RESMI BUKA PERHELATAN AKBAR MUSABAQOH TILAWATIL QUR'AN (MTQ) TINGKAT PROVINSI BANTEN KE-XV TAHUN 2018.

img

Diawali dengan defile khafilah dari berbagai kontingen kabupaten dan kota peserta Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) serta ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Banten Wahidin Halim resmi membuka perhelatan akbar MTQ ke-XV tahun 2018 Tingkat Provinsi Banten di Halaman Mesjid Raya Al-Bantani  Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug Kota Serang. sedianya MTQ berlangsung dari tanggal 16 - 19 April  2018.

Dalam sambutannya, mengatakan ;

MTQ jangan dijadikan seremonial semata tanpa memberikan makna yang tidak lagi memberikan tuntunan dan tontonan yang baik bagi masyarakat. Kita harus introspeksi diri kita masing masing apakah ada yang salah dalam diri kita, salah dalam aktivitas kita, salah dalam diri bangsa ini ketika nilai nilai Al-quran tidak lagi menjadi pedoman, tidak lagi syarat dan bermakna dalam tata kehidupan.

sesuai anjuran Al-Qur'an dalam ayat pertama Iqro "bacalah" baca bukan sekedar membaca tapi mengkaji bahwa ada seperangkat nilai disitu yang bersifat universal. bacalah terhadap fenomena alam, sosial, bacalah hubungan kita antar sesama manusia dan bacalah bagaimana hubungan kita dengan Allah SWT. kita kekeringan nilai moralitas, spiritualitas, etika dan estetika. Ujaran ujaran kebencian, iri dengki, semangat saling menyalahkan, anti tanpa seleksi, menerima mentah mentah berita yang belum dipastikan kebenarannya (hoaks), berita berita tentang aib seseorang yang sebenarnya sesuatu yang tabu tapi sekarang sangat terbuka dijadikan konsumsi publik, menghina presiden sebagai simbol negara yang harusnya dihormati bukan lagi persoalan, menghina antar agama, suku, ras dan kelompok merebak dimana mana.

Untuk itu mari kita bangun, mari kita bangkitkan semangat hubungan kita dalam rangka menselaraskan semangat hubungan antar sesama bangsa, semangat hubungan antar kita, lekatkan hubungan nasionalisme dalam diri kita karena kita tidak bisa lagi menolak Pancasila sebagai pedoman dasar dari negara yang sudah final.

Gubernur menegaskan sudah satu tahun ia bersama Wakil Gubernur Andika Hazrumy membangun paradigma dan budaya kerja, budaya organisasi, membangkitkan pola pikir (mindset) untuk perubahan. meskipun perubahan memerlukan waktu, program program yang ditawarkan seperti halnya pendidikan gratis, pengobatan gratis dan lain lain meski dihadang oleh berbagai aturan yang ada tapi pada hakikatnya tujuan utamanya adalah membangun perubahan masyarakat banten yang jauh lebih baik dan berakhlakul karimah, yang bersendikan pada nilai nilai Al-quran dan nilai nilai agama sesuai anutan. masyarakat yang saling menghargai, saling menghormati dan saling teloransi dengan cara cara yang santun ini menjadi tugas berat kita bersama.

Ia berharap dengan MTQ ini membebaskan masyarakat banten dari buta Al-qur'an serta mengingatkan kepada para peserta agar menjaga solidaritas, sportifitas dan spritualitas diantara sesama peserta dan hakim hakim yang telah dikukuhkan agar menjadi hakim yang adil dan amanah dalam memberikan penilaian kepada peserta.

"Selamat mengikuti MTQ ke-XV mudah mudahan Allah SWT meridhoi segala tujuan kita, tukasnya.

TAGS :